Piramida Pembelajaran B4

Sharing Class Off-line
Piramida Pembelajaran-Batch 04

Assalamu ‘alaikum
Bapak ibu dan Ayahbunda Pembelajar hebat.

Setelah penyelenggaraan batch yg ke 3, YPKA kembali akan mengadakan kelas Batch ke-4 tentang Piramida Pembelajaran.


Siapa yang perlu ikut?

  • Pasangan yang akan menikah
  • Keluarga yang belum atau sedang menanti kelahiran/ ibu yg sedang hamil
  • Keluarga yang memiliki anak 0 sd 6 tahun
  • Keluarga yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (semua usia)
  • Para Guru, baik yang sekolah biasa atau pun sekolah inklusi
  • Pemerhati anak & siapa saja yang peduli dengan tumbuh kembang anak

Mengapa topik ini banyak diminati dan penting?

  • Pemahaman tentang Piramida Pembelajaran ini adalah fondasi pemahaman tentang perkembangan anak tentang balok perkembangan apa yang perlu dibangun atau dimiliki oleh seorang anak, sebelum sampai pada kemampuan pembelajaran tertinggi (Baca, Tulis dan Hitung)
  • Dengan memahami Piramida Pembelajaran ini maka bagi calon orangtua atau yang sedang mempersiapkan kehadiran sang buah hati, dapat melakukan pencegahan lebih dini terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan hambatan perkembangan maupun kemampuan belajarnya kelak sejak saat sebelum, selama dan sesudah kelahiran.
  • Prevalensi anak berkebutuhan khusus yang meningkat, dengan memahami Piramida Pembelajaran dengan baik maka banyak hal-hal yang dulunya “gelap-gulita” tentang hambatan perkembangan anak akan mulai menampakkan titik terang.
  • Bagi para guru/ pendidik: Kemampuan Ca-Lis-Tung sebagai skill tertinggi dari Piramida Pembelajaran seringkali dijumpai pada siswa di level Sekolah Dasar. Pengetahuan tentang Piramida Pembelajaran dapat membantu mencari penyebab atau akar masalahnya sehingga dapat dilakukan penanganan dengan lebih tepat.
  • Ca-Lis-Tung adalah skill paling mendasar yang perlu dimiliki setiap anak agar dapat mengembangkan potensi kognitif dan potensi lain dalam dirinya.

Sering mendengar pertanyaan seperti ini tentang anak/ siswa:

  • Kenapa anakku belum bisa bicara sedangkan teman2nya sudah?
  • Kenapa ya anakku susah banget diajari nulis? Bahkan seringkali menolak dan menangis
  • Kenapa ya gak mau duduk tenang saat belajar?
  • Kenapa ya anakku sulit sekali diajari membaca?
  • Kenapa ya anakku tidak bisa ngerjain soal cerita di matematika?
  • Kenapa anakku tidak suka pelajaran olah raga
    dan kenapa2 yang lain tentang kemampuan motorik halus, kasar hingga akademiknya.

Saat mulai faham bahwa perkembangan kemampuan belajar anak anak itu mirip dengan bangunan piramida, dimana balok-balok di bawah akan menjadi pondasi balok-balok di atasnya maka kita akan mulai mengerti jawaban dari semua kenapa2 itu.

Sebagaimana piramid, maka jika ada balok-balok yang rapuh atau bahkan belum terbentuk, maka mustahil bangunan piramid akan berdiri kokoh sampai ke puncaknya. Alih2 kokoh maka setiap balok di atasnya diletakkan akan jatuh lagi ke bawah karena balok di bawahnya belum kokoh.

 

learning-skills-pyramid

Piramida Pembelajaran merupakan satu model yang dikembangkan oleh Williams & Shellenberger, yang menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan kemampuan/ kecakapan belajar seorang anak.
Mulai dari saat konsepsi & kehamilan (neuro-reflex)  hingga puncaknya di kemampuan akademik (ca-lis-tung)

Siswa yang sukses memiliki seperangkat skill yang mereka bawa ke kelas, seperti perhatian/ fokus, memori, pemrosesan visual dan pendengaran, kesadaran fonemik, koordinasi motorik, kecepatan pemrosesan, dan penalaran. Siswa yang mengalami hambatan dalam belajar, kehilangan beberapa skill ini, atau belum cukup mengembangkannya untuk menjadi sukses di kelas.

Pengembangan keterampilan yang berkesinambungan dibangun satu di atas yang lainnya dan saling bergantung. Menggunakan model piramida memungkinkan untuk mengidentifikasi bidang keterampilan yang mendasari atau berkontribusi terhadap tantangan belajar.

Setelah kita mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab, maka rencana terpadu yang efektif dapat dibuat untuk mengatasi tantangan pembelajaran yang dihadapi anak/ siswa.

Dalam kelas sharing ini, Bunda Nefri akan menjelaskan satu persatu lapisan demi lapis balok  perkembangan yang membentuk Piramida Pembelajaran seorang anak.

 

REGISTRASI

HTM Rp. 300.000/ peserta
Fasilitas: Materi, Snack, Goodie bag Kal-Care, FREE TEST Bone Density/ Kepadatan Tulang

Silakan daftar melalui form online dengan klik tombol daftar dibawah ini



Sampai jumpa di kelas nanti.
Wassalamu ‘alaikum
Diaz
Training & Consultation Coordinator
YPKA.or.id

——–
NOTE:

Bagaimana jika tempat jadi kendala?

Bapak Ibu dan Ayahbunda masih bisa mendapatkan Materi dan Arsip Voice note Kelas Training Online yang lalu melalui tombol di bawah ini:

PESAN ARSIP PIRAMIDA PEMBELAJARAN

 

Sebagai kelanjutan Piramida Pembelajaran, Khusus untuk Lapis Terbawah Piramida Pembelajaran, silakan ikuti Sharing Class Online Terapi Refleks dengan klik tombol berikut:

MAAF PENDAFTARAN TELAH DITUTUP